Facebook Offsite Event

Financial Sector

Sektor FinansialSektor Finansial

Berbeda dengan Sektor Riil, Sektor Finansial (Financial Sector) mempunyai kecenderungan yang berubah – ubah dan  mempunyai resiko besar tetapi keuntungan besar pula. Berinvestasi di sektor finansial melibatkan pihak lain karena harus melalui perantara yang mempunyai kewenangan dan pengolahan aset perdagangan.

Sektor Financial dapat digolongkan mejadi dua, Moderat dan Aggresive.

Moderat:

•  Tabungan

Menurut Undang-undang No 10 Tahun 1998 Tentang Perbankan, Tabungan adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro, dan /atau alat lainnya yang dipersamakan dengan itu.

• Deposito

Pengertian deposito disebut dalam pasal 1 angka (7) UU Perbankan. Pasal tersebut menyatakan bahwa “Deposito adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu berdasarkan perjanjian nasabah penyimpan dengan bank”

• Obligasi

Menurut buku Panduan Pemodal IDX, Obligasi adalah surat berharga yang menunjukkan bahwa penerbit obligasi meminjam sejumlah dana kepada masyarakat dan memiliki kewajiban untuk membayar bunga secara berkala, dan kewajiban melunasi pokok utang pada waktu yang telah ditentukan kepada pihak pembeli obligasi tersebut.

Aggresive:

• Saham

Pengertian berinvestasi saham adalah Anda melakukan pembelian saham suatu perusahaan dengan harapan kelak di kemudian hari atau waktu yang akan datang akan terjadi kenaikan, beli sehingga terdapat selisih lebih yang merupakan keuntungan bagi anda.

• Option

Option merupakan suatu bentuk kontrak yang terdiri dari dua pihak dimana salah satu pihak (pembeli) mempunyai hak tetapi bukan kewajiban untuk membeli atau menjual suatu efek atau aset tertentu dengan harga yang telah ditentukan, saat atau sebelum waktu yang ditentukan, dan dari atau ke pihak lain (penjual)

• Futures

Futures trading adalah suatu bentuk perdagangan dimana seseorang membeli suatu komoditas perdagangan yang akan diperolehnya di masa yang akan datang dengan harga yang di tetapkan sekarang.