Facebook Offsite Event

Instant Execution Vs Market Execution

trading execution

Anda pastinya pernah mendengar atau mungkin juga merasakan, bagaimana kesalnya para trader yang menyalahkan brokernya akibat sering terjadinya requote? hal seperti itu mungkin ada benarnya untuk dipertanyakan kembali, tapi alangkah baiknya jika kita menyadarinya terlebih dahulu 😉

Memahami Trading Execution dari broker yang dipilih

Apakah anda berpikir account trading anda akan segera melakukan proses eksekusi  (trading execution) yang anda perintahkan sesaat setelah anda mengklik tombol enter?

Banyak trader yang berasumsi bahwa melalui online broker, account trading yang mereka miliki akan terkoneksi langsung dengan sekuritas market dan trading execution akan dijalankan sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Padahal tidak semua broker bisa menjamin hal tersebut.

Harus Anda ketahui ada perbedaan jenis trading execution dari jenis broker yang Anda pilih. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap nilai dan jumlah transaksi yang akan Anda jalankan. Broker biasanya menjalankan perintah trading execution kedalam beberapa metode, dua diantaranya, yaitu instant execution dan market execution.

  • Instant Execution adalah proses eksekusi yang berjalan sesuai dengan harga yang Anda inginkan. Pada jenis transaksi ini pihak broker mengambil tanggung jawab sepenuh untuk menjalankan perintah pada harga yang Anda minta baik sell atau buy, atau malah tidak melakukannya sama sekali. Cepat atau lambatnya proses eksekusi yang Anda inginkan sepenuhnya berada ditangan broker.

Ex: Anda mengklik “buy” pada pilihan pair GBP/USD pada level 1.58000. Normalnya setelah broker menerima order yang anda minta maka mereka yang akan memutuskan apakah Anda akan mendapatkan level transaksi yang Anda inginkan atau tidak. Anda akan mendapatkan transaksi tepat pada harga tersebut jika Anda beruntung, meskipun sedetik setelah proses eksekusi yang diambil harga bergerak naik atau turun. Seandainya posisi yang Anda dapatkan tidak sesuai dengan yang Anda perintahkan (harga bergerak melawan Anda terlalu jauh) maka ada indikasi bahwa broker tempat Anda bertrading telah melakukan kecurangan.

  • Market Execution adalah proses eksekusi yang berjalan sesuai dengan harga real market. Broker yang menggunakan system transaksi seperti ini akan langsung melempar transaksi para nasabahnya ke market. Pada penggunaan system ini order execution yang didapatkan jauh lebih real dan cepat ketimbang  instant execution.

Ex: Anda mengklik “buy” pada pilihan pair GBP/USD pada level 1.58000, jika harga tidak berubah maka Anda mendaptkan harga yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan GBP/USD 1.58000. Namun jika harga berubah sesaat setelah Anda mengklik pada level tersebut (1.58000 menjadi  1.57990) maka transaksi yang Anda lakukan menghasilkan keuntungan 10 point dari yang Anda rencanakan atau sebaliknya.

Instant Execution vs Market Execution

marketTrading

Dapat memasang perintah order untuk mengatur parameter orderan SL /TP sebelum Anda membuka posisi adalah keunggulan dari instant execution. Namun dengan sering terjadinya requote (5 hingga 20 detik) apakah anda berpikir hal tersebut sepadan dengan nilai kerugian yang akan anda tanggung nantinya?

Berbeda dengan Market eksekusi dimana proses eksekusi yang Anda inginkan berjalan sesuai dengan pergerakan market dengan jaminan penuh tanpa pernah terjadinya requote. Level harga yang didapatkan boleh jadi berbeda dengan level harga yang ditargetkan dan Anda bisa  mendapatkan level harga terbaik yang Anda inginkan.

Berikut beberapa perbandingan lainnya antara Instant execution & market execution

Instant execution

Market execution

  • Melalui dealing center
  • Dealing center sebagai penyedia liquiditas
  • Waktu eksekusi > 5 detik
  • Sering terjadinya requote
  • Level harga ditentukan oleh dealing center
  • Sistem pemenuhan order yang tidak pasti
  • Strategi perdagangan yang dibatasi
  • Transaksi tidak dianjurkan pada saat news.
  • Langsung menuju ke pasar forex
  • Bank sebagai penyedia liquiditas
  • Waktu exsekusi kurang dari 1 detik
  • Bebas requote (limited market disturbance)
  • Level harga terbaik yang bisa didapatkan
  • Sistem pemenuhan order yang terjamin
  • Strategi perdagangan tanpa batas
  • Bebas melakukan transaksi kapanpun yang di inginkan

Broker Against US? Udah gak Zaman tuh…

Dari perbandingan diatas, harus diakui dimana pada sebagian broker yang menggunakan sistem instant execution melakukan rekayasa yang memungkinkan penundaan perintah eksekusi pada beberapa waktu/requote yang pastinya akan merugikan trader. Semakin intens requote yang terjadi maka akan semakin besar keuntungan yang akan diraih broker berjenis dealing desk.

Saat ini, Anda bisa menentukan sendiri seberapa besar peluang yang bisa Anda dapatkan langsung dari market tanpa ada gangguan dari pihak broker bahkan selama pasar bergerak dengan cepat. Melalui market execution Anda tidak perlu lagi menerima pesan yang menyatakan transaksi yang Anda lakukan telah berubah dan expired yang membuat Anda kehilangaan moment terbaik.

Sudahkah broker anda menyediakan trading execution yang terbaik bagi para nasabahnya?